Among Us - Yellow Crewmate Langsung ke konten utama

Unggulan

Belajar Mengenal Hardware Komputer


Belajar Mengenal Hardware Komputer


Belajar  Komputer akan membahas secara berbagai fasilitas dan fitur program – program yang biasa digunakan, termasuk pengelolaan file dan setting windows.
Sangat cocok digunakan sebagai modul kursus komputer, materi kuliah Diploma kesekretarisan, pedoman belajar mandiri, serta sebagai pemacu belajar siswa SMP dan SMA.
Pembahasan dibuat selengkap mungkin, dan memberikan banyak sekali tip dan trik.
MENGENAL HARDWARE ( PERANGKAT KERAS ) KOMPUTER
Kita mengenal hardware dalam tiga kelompok, yaitu :
  1. Peranti Masukan ( Input Device ). Peralatan yang digunakan untuk memasukan data ke komputer, seperti keyboard, mouse, dan scanner.
  2. Peranti Pengolahan ( Processing Device ). Peralatan yang melakukan pengolahan data menjadi informasi, atau yang menjadi otak mesin komputer dalam melaksanakan perintah yang diberikan. Peranti pengolah ini biasa disebut dengan CPU ( Central Processing Unit ) atau disebut juga processor.
  3. Peranti Keluaran ( Output Device ). Peralatan yang digunakan untuk menampilkan informasi hasil olahan komputer, seperti monitor, printer, dan speaker.
KOMPONEN HARDWARE KOMPUTER
Berikut ini dijelaskan sedikit tentang fungsi beberapa Komponen Hardware Komputer utama yang digunakan :
Belajar Mengenal Hardware Komputer,Belajar Mengenal Komputer,Belajar Komputer,Hardware Komputer,Hardware,Komponen,Komputer,Belajar,MengenalGambar.2 : Keyboard
  • Keyboad, sebagai tempat memasukan ( mengetik ) data,   atau memberikan perintah.
Belajar Mengenal Hardware Komputer,Belajar Mengenal Komputer,Belajar Komputer,Hardware Komputer,Hardware,Komponen,Komputer,Belajar,Mengenal
Gambar.3 : Mouse
  • Mouse, sebagai alat penunjuk/menggerakan penunjuk di layar, dan untuk memberikan perintah.
Belajar Mengenal Hardware Komputer,Belajar Mengenal Komputer,Belajar Komputer,Hardware Komputer,Hardware,Komponen,Komputer,Belajar,Mengenal
Gambar.4 : Monitor
  • Monitor, berfungsi menampilkan informasi yang dapat dilihat.
Belajar Mengenal Hardware Komputer,Belajar Mengenal Komputer,Belajar Komputer,Hardware Komputer,Hardware,Komponen,Komputer,Belajar,MengenalGambar.5 : Printer
  • Printer, untuk mencetak data/informasi pada kertas.
 Belajar Mengenal Hardware Komputer,Belajar Mengenal Komputer,Belajar Komputer,Hardware Komputer,Hardware,Komponen,Komputer,Belajar,MengenalGambar.6 : Processor
  • Processor, sebagai pusat pengolah data dan pengendali kerja hardwarelainnya.
 Belajar Mengenal Hardware Komputer,Belajar Mengenal Komputer,Belajar Komputer,Hardware Komputer,Hardware,Komponen,Komputer,Belajar,MengenalGambar.7 : Motherboard / Mainboard
  • Mainboard, sebagai kerangka mesin komputer tempat processor danhardware lainnya dipasang.
Belajar Mengenal Hardware Komputer,Belajar Mengenal Komputer,Belajar Komputer,Hardware Komputer,Hardware,Komponen,Komputer,Belajar,Mengenal
Gambar.8 : Harddisk
  • Harddisk, sebagai tempat menyimpan data. Harddisk berada di dalam casing komputer dan jarang dipindah – pindahkan. Umumnya sebagai tempat menyimpan program dan data.
 Belajar Mengenal Hardware Komputer,Belajar Mengenal Komputer,Belajar Komputer,Hardware Komputer,Hardware,Komponen,Komputer,Belajar,MengenalGambar.9 : DDR Memory
  • Memory ( RAM ), adalah tempat menyimpan data sementara. Singkatan dari Random Access Memory, yaitu memory yang biasa diakses secara acak oleh processor.
 Belajar Mengenal Hardware Komputer,Belajar Mengenal Komputer,Belajar Komputer,Hardware Komputer,Hardware,Komponen,Komputer,Belajar,MengenalGambar.10 : VGA Card
  • VGA Card, komponen yang berfungsi menampilkan gambar/tampilan pada monitor. Kepanjangan dari Video Graphics Array.
 Belajar Mengenal Hardware Komputer,Belajar Mengenal Komputer,Belajar Komputer,Hardware Komputer,Hardware,Komponen,Komputer,Belajar,Mengenal
Gambar.11 : Pwr Supply
  • Pwr Supply, alat pemberi sumber tegangan DC pada Motherboard danhardware lain. Sumber tegangan AC dari PLN dirubah terlebih dahulu menjadi tegangan DC oleh alat ini.
Disamping  hardware utama, ada lagi komponen pendukung lainnya, seperti :
  1. Sound Card, komponen yang berfungsi mengolah data menjadi suara yang akan ditampilkan pada speaker.
  2. Flopy Drive, Tempat dari flopydisk.
  3. CD / DVD Dirve, alat untuk membaca dan menyimpan data / informasi ke dalam CD / DVD.
  4. LAN Card, komponen yang akan menghubungkan komputer dengan komputer lain. Lan Card tidak selalu ada dalam komputer, dan dipasang hanya jika dibutuhkan. Kepanjangan dari Local Area Network.
  5. Modem, komponen yang diperlukan jika kita ingin koneksi dengan internet, atau untuk mengirimkan data melalui jaringan telepon.
  6. Stabilizer, Menstabilkan arus listrik. Sehingga arus yang masuk ke dalam power supply komputer tidak naik turun yang akan menyebabkan komponen komputer cepat rusak.
  7. UPS, alat untuk mencegah komputer mati secara mendadak ketika terjadi pemadaman arus listrik oleh PLN. UPS memberi tenaga listrik cadangan. Kepanjangan dari Unintruptable Power Supply.
 PORT – PORT KOMPUTER
Selain komponen – komponen, perlu juga diketahui bahwa pada bagian belakangkomputer tersedia port tempat kita memasang atau menyambungkan kabel peralatan Lain.
Port – port yang umum tersedia :
  1. Port untuk memasang keyboard dan mouse ( Dari Main Board ).
  2. Port untuk memasang kabel monitor ( Dari VGA Card ).
  3. Port Pararel ( LPT ), biasa untuk memasang kabel printer.
  4. Port Serial ( COM ), biasanya digunakan untuk memasang perangkat komunikasi.
  5. Port Modem, tempat memasang kabel telepon.
  6. Port LAN, tempat memasang kael jaringan.
  7. Port USB, jenis port terbaru yang isa digunakan untuk bermacam – macam keperluan, seperti untuk kabel printer, kabel kamera digital, flashdisk, dll.
  8. Jack ( colokan ) untuk speaker, microphone, dan Mic.
MEDIA PENYIMPANAN ( STORAGE )
Komponen hardware ( perangkat keras ) berupa disket, harddisk, CD/DVD, disebut juga sebagai media penyimpanan ( storage ). Disebut media karena berfungsi sebagai wadah atau tempat penampungan.
Media penyimpanan bisa berfungsi ganda, yaitu sebagai piranti masukan ( menyediakan data untuk diolah oleh processor ) dan sekaligus sebagai piranti keluaran ( menyimpan data/informasi yang sudah diolah ).

Komentar

Postingan Populer